Selamat datang di Laman Repositori Prodi IAT Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama IAID Ciamis.
Pada awal semester ganjil TA. 2023-2024, Prodi berkomitmen untuk memudahkan akses ke koleksi digital yang dihasilkan sivitas akademika IAT untuk masyarakat luas. Koleksi digital yang disediakan meliputi; skripsi, laporan penelitian, laporan PPL (Praktik Pengenalan Lapangan), KKP (Kuliah Kerja Praktik), dan KKL (Kuliah Kerja Lapangan). Disamping koleksi digital tugas-tugas yang dihasilkan mahasiswa tersebut, laman ini juga menyediakan artikel-artikel jurnal dan prosiding yang dihasilkan civitas IAT. Kami berharap dapat memberikan yang terbaik bagi para pengguna website IAT. Saran dan kritik membangun selalu kami nantikan demi kemudahan dan kepuasan pengguna layanan ini.. Saran dan keritik dapat dikirimkan melalui email iat@iaid.ac.id
No | Nama Mahasiswa | NIM | Judul Skripsi | Tahun Lulus |
---|---|---|---|---|
1 | RAMDAN LESMANA | 16.10.0016 | AL-QUR’AN DI ERA CYBERSPACE (Peralihan Budaya Teks Menuju Budaya Digital dalam Perkembangan Wacana Tafsir Al-Qur’an) | 2020 |
2 | JENAL ABIDIN | 16.10.0013 | TELAAH METODE DAN CORAK PENAFSIRAN KH. MHD. RAMLI DALAM TAFSIR AL-KITABUL MUBIN | 2020 |
3 | DEDE SRI NURHAYATI | 16.10.0006 | PERNIKAHAN BEDA AGAMA (Analisis Penafsiran Ibnu Katsir QS. Al-Baqarah Ayat 221 dan QS. Al-Maidah Ayat 5) | 2020 |
4 | UJANG NURSAMSI | 16.10.0020 | Musibah Covid-19 dalam Perspektif Al-Qur’an | 2020 |
5 | SITI MASRIPAH | 16.10.0019 | PERSOALAN RIBA DALAM AL-QUR’AN (Analisis Atas Tafsir Ayat-ayat Riba dalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili) | 2020 |
6 | EDI SUTIADI | 16.10.0009 | MAKNA LANGIT MENURUT TANTHAWI JAWHARI Studi Makna Langit QS. Al-Mulk 1-5 di dalam Tafsir Al-Jawahir Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Karim | 2020 |
7 | ADE MIFTAH | 16.10.0002 | PENCIPTAAN ALAM SEMESTA (Studi Perbandingan Filosofis, Saintis, dan Al-Qur’an) | 2021 |
8 | NIDA AZIZAH SHOLEHAH | 17.10.0031 | TRADISI MEMBACA AL-QUR’AN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT URBAN (Studi Living Qur’an terhadap Komunitas Rumah Qur’an Amaira di Kota Tasikmalaya) | 2021 |
9 | EKA NURHIDAYAH | 17.10.0037 | CYBERBULLYING PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11 | 2021 |
10 | ANDI PRATAMA | 17.10.0024 | MAKNA DAN DAMPAK SHALAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (Kajian Tafsir Muqarrin Tahlili terhadap QS Al-Ankabut: 45) | 2021 |
11 | DIDA AUJAN | 17.10.0025 | TEOLOGI TANAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi atas Kepemilikan Tanah, serta Realisasinya dengan Peran Manusia sebagai Khalifah fi al-Ardh) | 2021 |
12 | HANY NURHALIMAH | 17.10.0027 | AL-QUR’AN MEMOTRET TUBUH PEREMPUAN (Tafsir Kritis atas Ayat-Ayat Eksistensi, Kebebasan dan Moralitas di Ruang Publik) | 2021 |
13 | MELI MA’RIFAH | 17.10.0030 | EKSISTENSI PANTI SOSIAL ASUGAN ANAK (PSAA) Di Yayasan Al-Mahmudiyah Gunungtugu Desa Sukamahi Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Dalam Pembinaan Anak Perspektif Al-Qur’an | 2021 |
14 | VANNY IVANNY HIKA | 17.10.0033 | MAKNA TARTIL DAN TAYSIR DALAM AL-QUR’AN (Studi Implementatif Surat Al-Muzzamil Ayat 4 dan Surat Al-Qamar Ayat 17 di Saung Qur’an Bunda Kabupaten Ciamis) | 2021 |
15 | ALAN | 17.10.0023 | MUSIKOSOFI AL-QUR’AN (Studi Deskriptif Atas Proyeksi Estetiko-imajinal Seni Langgam Dalam Masyarakat Muslim) | 2021 |
16 | FAUJI AHMAD SAHIDIN | 17.10.0026 | PASAR RAYA TAFSIR AL-QUR’AN (Studi Kritis atas Proyeksi Tafsir Populis Islam di Ruang Digital) | 2021 |
17 | IRIN SAKIRIN | 17.10.0028 | PEREMPUAN-PEREMPUAN SHALIHAH DALAM AL-QUR’AN (Kajian Qashash Al-Qur’an Mengenai Perempuan-perempuan Shalihah Yang Mendapat Wahyu Allah) | 2021 |
18 | PARIS AHMAD FAUZI | 17.10.0032 | PENAFSIRAN SURAT AL-HUJURAT AYAT 6 DALAM PERSPEKTIF TEORI KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED | 2021 |
19 | FARIKHA HERMAWAN | 18.10.0049 | ANALISIS SINGLE PARENT PERSPEKTIF KISAH DALAM AL-QUR’AN | 2022 |
20 | ADZILLINA ALAL IRAWAN | 18.10.0041 | STUDI SEMANTIK KONSEP HUBB DALAM AL-QUR’AN DAN PROYEKSINYA DALAM PARADIGMA TAFSĪR ISYĀRĪ JALALUDDIN RUMI | 2022 |
21 | FAHMI HIDAYATULLAH | 18.10.0046 | KONSEP WAKTU DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF SUFI (Studi Pemikiran Ruzbihan al-Baqly dalam Kitab Tafsīr Raīs Al-Bayān Fī Ḥaqāqiq Al-Qur’ān) | 2022 |
22 | FASHLI MAULANA | 18.10.0050 | GENEALOGI AL-JIHĀD AL-WUJŪDI DALAM PENAFISRAN SYEIK ABD. SHAMAD AL-PALIMBANI | 2022 |
23 | JESINTA MOZA MUSTIKA | 18.10.0053 | ETIKA SEBAGAI PROTO-PROFETIKA (Studi Fenomenologis Atas Visi Etis Dalam Al-Qur’an) | 2022 |
24 | MEILINA RAHMAWATI | 18.10.0056 | KONSEP ‘IFFAH DAN ‘IZZAH DALAM AL-QUR’AN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP DEGRADASI MORAL MASYARAKAT KONTEMPORER PERSPEKTIF CULTURAL STUDIES | 2022 |
25 | CUT DESI TASMAL | 18.10.0043 | MAKNA KATA Al-YATĪM DAN Al-MISKĪN DALAM SURAH AL-MĀ’ŪN (Kajian Semantika Toshihiko Izutsu) | 2022 |
26 | FANI FITRIANI | 18.10.0048 | KECERDASAN EMOSIONAL PERSPEKTIF MUHAMMAD UTSMAN NAJATI | 2022 |
27 | ISNA LUTFIA ANISA R | 18.10.0052 | KRITIK ATAS EKSPLOITASI ALAM DAN UPAYA PENYELAMATAN DALAM AL-QUR’AN (Studi Kritis Atas Eksploitasi Alam di Gunung Sawal Kab. Ciamis-Jawa Barat) | 2022 |
28 | YAZAN MIFTAH FAISAL | 18.10.0061 | NALAR DEKONSTRUKTIF ‘ULŪMUL Al-QUR’ĀN (Aplikasi Dekonstruksi Jaques Derrida terhadap Teori Nāsikh-Mansūkh) | 2022 |
29 | DIDIN HAPIDIN | 18.10.0044 | KONSEP TAUBAT PERSPEKTIF TAFSĪR AL-JAELANI KARYA SYAIKH ABDUL QODIR AL-JAELANI (Analisis Tafsīr Isyāri) | 2022 |
30 | FAISAL ULUM | 18.10.0047 | KONSEP AURAT PEREMPUAN PERSPEKTIF QASIM AMIN (Analisis Hermeneutika Hans-Georg Gadamer atas Kitab Taḥrīr Al-Mar’ah) | 2022 |
31 | KUSNADI | 18.10.0054 | TRADISI SHALAWAT WABARIK MAJLIS MALAM RABU (Studi Living Qur’an Pemahaman Q.S. Al-Ahzab ayat 56 di Pondok Pesantren Assajanjini Ciamis-Jawa Barat) | 2022 |
32 | SUPRIATNA | 18.10.0060 | MAKNA MAKRIFAT MENURUT SYEIKH ABDUL QODIR AL-JAILANI DALAM TAFSĪR AL-JAELANI | 2022 |
33 | ZAMZAM MANARUL HIDAYAT | 18.10.0063 | KONSEP WASAṬIYYAH DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-BAQARAH AYAT 143 DAN IMPLEMENTASINYA PADA CIVITAS AKADEMIKA PONDOK PESANTREN AL-HASAN CIAMIS | 2022 |
34 | AGAM AHYAR RUNNAS | 19.10.0065 | ANALISIS TRADISI KALENDER ABOGE (Studi Antropologi Struktural Claude Levi-Strauss mengenai Pemahaman QS At-Taubah Ayat 36 di Desa Cikalong Pangandaran) | 2023 |
35 | AGUNG SETIAJI | 19.10.0066 | KALIGRAFI AL-QUR’AN SEBAGAI PROYEKSI KESALEHAN RELIGIUS DI PONDOK PESANTREN MATHLABUL ULUM (Perspektif Fenomenologi) | 2023 |
36 | ADE RIDWAN HIDAYAT | 19.10.0067 | TRADISI PEMBACAAN SURAH AL-WAQI’AH SETIAP MALAM AHAD KEDUA PADA BULAN MASEHI (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Amin Buniseuri Cipaku Ciamis) | 2023 |
37 | ANGGUN AMA SALEHA | 19.10.0068 | MAKNA CINTA SEBAGAI KEBUTUHAN MANUSIA MENURUT AL-QUR`AN (Analisis Psikologi Humanistik dalam Memahami Cara Manusia Mengekspresikan Cinta) | 2023 |
38 | ARI RAMDANI | 19.10.0069 | QURANIC LAW OF ATTRACTION (Studi Pemikiran Rusdin S. Rauf dalam Buku Quranic Law of Attraction) | 2023 |
39 | EDIH YANTO | 19.10.0070 | RESEPSI FADHILAH SURAT AL-FATIHAH SEBAGAI OBAT PENAWAR MENGGUNAKAN MEDIA AIR PRAKTIK KH.DEDE BADRU SOLIHIN (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mahmudiyyah Gunung Tugu Tasikmalaya) | 2023 |
40 | ELMINO | 19.10.0071 | RASIONALITAS MUHAMMAD ABDUH DALAM TAFSIR AL-MANAR (Studi Ayat Qada dan Qadar dalam QS. Al-Anfal [8]: 17) | 2023 |
41 | EPA NOVIA | 19.10.0072 | SANTRIWATI NURUL HUDA SEBAGAI TUBUH, WACANA, DAN PENGALAMAN DALAM SPEKTRUM QS. AN-NISA: 34 | 2023 |
42 | IMAS RISMAWATI | 19.10.0073 | MUNASABAH ANTARA SURAT AN-NISA AYAT 1 DAN AYAT 176 (Studi Analisis terhadap Pendapat Al-Biqa’i dalam Kitab Nudzum Ad-Durar Fi Tanasub Al-Ayat Wa Al-Suwar) | 2023 |
43 | JIDDAN ALI SIDIQ | 19.10.0074 | IMAJINASI VERIFIKATIF QAṢAṢ AL-QUR’ĀN | 2023 |
44 | FINA INSANI MURSYIDAH | 19.10.0076 | ZIKIR SEBAGAI PROYEKSI AKSENTUASI EKSISTENSIO-SPIRITUALISME ISLAM (Analisis QS. Ar-Ra’du [13]: 28) | 2023 |
45 | MUALIP SALAHUDIN ANNAWAWI | 19.10.0079 | SHALAWAT DI RUANG DIGITAL (Studi Antropologi Islam Diskursif Talal Asad atas Resepsi Q.S. Al-Ahzab Ayat 56) | 2023 |
46 | MUHAMMAD JUNDULLAH AKBAR | 19.10.0081 | DIMENSI MIMPI DALAM Q.S. AZ-ZUMAR AYAT 42: Aksiologi Perspektif Tradisi Kesufian dan Psikoanalisis | 2023 |
47 | M. HILMI FATHUROHMAT | 19.10.0082 | TAWASSUL DALAM SURAT AL-MAIDAH AYAT-35: Studi Pemikiran Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki dalam Kitab Mafāhim Yajibu An-Tuṣaḥḥaha | 2023 |
48 | MUHAMAD ZIDANE FAUZAN | 19.10.0083 | KISAH TURUNNYA NABI ADAM AS. DARI SURGA DALAM AL-QUR`AN (Perspektif Tafsir Maqashidi) | 2023 |
49 | MUKLIS SYAHRUL MUKARROM | 19.10.0084 | TAFSIR BUNUH DIRI: Studi Interpretasi QS. An-Nisa [4]: 29-30 dalam Perspektif Tafsir Maqasidi | 2023 |
50 | NIDA ALFIYATUSSA’ADAH | 19.10.0086 | RESEPSI PEMBACAAN AYAT-AYAT SALAMUN PADA TRADISI REBO WEKASAN (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kota Banjar Jawa Barat) | 2023 |
51 | REZA MUHAMMAD NURRAHMAN | 19.10.0088 | ANALISIS EPISTEMOLOGIS ATAS TAFSIRAN MULLA SADRA TENTANG EKSISTENSI MANUSIA | 2023 |
52 | RIPA PAUZAH | 19.10.0089 | MODERASI BERAGAMA DALAM QS. AL-BAQARAH AYAT 143 MENURUT PEMIKIRAN IBNU ASYUR (Studi Analisis Tafsir Al-Tahrir wa At-Tanwir) | 2023 |
53 | YASSIR AMRIE NASRULLAH | 19.10.0090 | ANALISIS HISTORIS MICHEL FOUCAULT ATAS NALAR RESISTENSI ALI SYARI’ATI DAN HASSAN HANAFI DALAM QS. ALI-IMRAN [3]: 169 & QS. AN-NISA [4]: 95 | 2023 |
54 | MILA RIZKI AULIA | 2010000100 | KONSEP AR-RAHMAN DALAM AL-QUR’AN (Aplikasi Semantik Toshihiko Izutsu) | 2023 |